Alamsyah : Tidak Ada Orang Yang Di Hasut Berbuat Pidana

Alamsyah : Tidak Ada Orang Yang Di Hasut Berbuat Pidana

Sorotjakarta,-
Sidang perdana praperadilan Habib Rizieq Shihab berlangsung aman dan lancar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan pada Senin, 4/1/2021.

Saat sidang di skors, Alamsyah Hanafiah salah satu kuasa hukum Habib Rizieq Shihab menyampaikan beberapa inti permohonan dalam sidang praperadian pada media.

“Termohon dalam hal ini adalah Polri menetapkan Habib Rizieq sebagai tersangka tidak mempunyai dua alat bukti yang sah, karena Habib Rizieq belum pernah diperiksa sebagai saksi dan belum pernah di periksa sebagai tersangka, tetapi penetapan tersangka keluar.” Ucap Alamsyah Hanafiah.

Menurutnya, “Penetapan tersangka itu sebenarnya prematur karena sebelumnya Habib Rizieq di panggil sebagai saksi, 2 kali di panggil tidak hadir semestinya saksi tersebut di hadirkan secara paksa, tetapi ini tiba-tiba langsung di tetapkan sebagai tersangka.” Jelas Alamsyah.

Masih di katakan Alamsyah, “Penetapan Habib Rizieq aneh dan janggal, kejanggalannya karena adanya 1 laporan Polisi dan 2 Sprindik(surat perintah penyelidikan ) menurut ketentuan KUHP adalah, 1 laporan Polisi dan 1 Sprindik, namun dalam hal ini ada 2 surat perintah penyelidikan, itu tidak di kenal dalam KUHP.” Terang Alamsyah.

Ia juga menjelaskan tentang kleinnya yang di katakan melanggar PSBB bukan melanggar UU karantina tetapi yang di sangkan UU karantina.

“Di Petamburan itu tidak ada tempat karantina, itu untuk pasal berkerumunnya.”

“Kalau berkerumunnya bukan pasal karantina yang di terapkan tetapi tentang peraturan PSBB, namun itu juga harus di buktikan dengan 2 alat bukti, namun di dalam proses kami mendampingi Habib Rizieq bahwa Polri belum pernah menjelaskan 2 alat bukti tersebut.”

Menurut Alamsyah, “bahwa pelanggaran pasal 160 KUHP yang di sangkaan kepada Habib Rizieq belum ada orang yang merasa di hasut untuk melakukan pidana, karna pasal160 KUHP adalah pasal menghasut orang berbuat tindak pidana, tetapi sampai sekarang orang yang di hasut oleh Habib Rizieq untuk berbuat pidana tidak ada.” Ucap Alamsyah.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan