DAMRI Makin Serius Lakukan Konversi Bus Listrik

DAMRI Makin Serius Lakukan Konversi Bus Listrik

Sorotjakarta,-
DAMRI semakin serius mengelola bus listrik sebagai moda transportasi yang lebih ramah lingkungan. Keseriusan DAMRI didukung dengan segala persiapan konversi yang telah dilakukan, salah satunya dengan pelepasan body dan mesin bus bersama PT Spora Tehnika Indonesia pada Senin, (19/4/2021) di Pool DAMRI Cabang Bandara Soekarno-Hatta, Pupar, Jakarta Timur.

DAMRI sebagai BUMN yang bergerak di bidang transportasi darat dan merupakan operator bus dengan armada terbesar di Indonesia, berkomitmen untuk turut serta berkontribusi mencapai target kendaraan listrik berbasis baterai yang mencapai 20% populasi kendaraan di Indonesia pada tahun 2025.

Pelepasan body dan mesin dilakukan pada dua unit bus besar dan satu unit bus medium. Program tersebut rencananya akan menjadi awal mula program pengkondisian fasilitas bus lainnya, seperti Chassis, rem, wiring, engine, transmisi, tangki, dan compressor AC sebelum dilakukan uji coba pada Agustus 2021 mendatang.

Program pelepasan body dan mesin bus dilakukan sesuai dengan timeline yang telah ditetapkan oleh pihak DAMRI maupun PT Spora Tehnika yang diharapkan akan selesai pada Triwulan III 2021.

Kendaraan listrik berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle telah menjadi salah satu fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo. Sebagaimana diketahui, Indonesia memiliki cadangan nikel yang sangat besar, yang bisa menjadi bahan baku utama baterai kendaraan listrik.

Sebelumnya, keseriusan dan kesiapan DAMRI untuk melakukan konversi bus listrik telah ditandai dengan penyerahan secara simbolis charger station dari PT Spora Teknika Indonesia kepada Direksi DAMRI pada saat peringatan ulang tahun ke-74 DAMRI yang dilaksanakan di Kantor Pusat DAMRI, Rabu 25 November 2020. Kemudian bentuk nyata lainnya yaitu melalui program retrofit bus listrik untuk transportasi umum yang dilakukan DAMRI pada acara Semiloka Retrofit Bus Listrik Untuk Transportasi Umum yang diadakan di Villa Back to Nature, Bogor pada 14-15 Desember 2020.

Beberapa partner swasta dalam program ini adalah PT Spora Tehnika Indonesia, PT Optima Integra Tehnika, dan PT ZFAG Aftermarket.

Dalam program konversi ini, DAMRI bekerja sama dengan beberapa partner penyedia teknologi, baik dari pihak swasta maupun dengan BUMN lain yang berkompeten di bidangnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan