Connect with us

Berita Terkini

PPII, Riset Pro Kemenristekdikti Gelar Business Matching Dan Industrial Gathering

Sorotjakarta,-
Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK LIPI bekerja sama dengan Riset Pro Kementerian Ristekdikti dan CATTC (China-Asean Technology Transfer Center) menggelar Business Matching dan Industrial Gathering 2019, acara ini merupakan rangkaian dari Indonesia Sciene Expo 2019 yang berlangsung di ICE Serpong, 23 hingga 26 Oktober 2019.

Business Matching & Industrial Gathering 2019 ini merupakan pertemuan yang mengumpulkan inovator dalam upaya mengkomunikasi dan menghantarkan inovasi hasil penelitian LIPI, CATTC, dan pihak bisnis/swasta kepada calon pengguna atau investor. Demikian di katakan Kepala Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK LIPI Dr. Yan Rianto. M.Eng. Pada media usai acara.

Lanjut dikatakan Yan.
“Kegiatan Business Matching dan Industrial Gathering 2019 menampilkan 10 teknologi LIPI yaitu teknologi probiotik, beras monascus merah, teh hijau, cervix, kayu lengkung, biopellet, biopestisidas, pellet bioplastik, pengemas edible berbahan nata decoco, dan toilet pengompos tipe 15. Ada 5 teknologi dari China diantaranya high yield cultivation of eucalyptus plantation, intregrated application of modern marine ranching, sodium hypochlorite generator, huashu robot dll. Selain itu ada 11 teknologi dari perusahaan start up Indonesia. Beberapa inventor akan mempresentasikan teknologi inovasi dan menampilkan produk dan poster teknologi.”paparnya.

“Ada 44 Delegasi juga hadir dari China mereka berasal dari Perguruan Tinggi dan perusahaan yang ingin mencari patner di Indonesia.” Tambah Yan.

LIPI sebagai focal point Indonesia – China Technology Transfer Center (ICTTC) melaksanakan kegiatan bersama Riset Pro Kementerian Ristekdikti dan China-ASEAN Technology Transfer Center (CATTC) yang melibatkan lembaga penelitian, pemerintah daerah, dan industri.

Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK (PPII) merupakan Kawasan Science and Technopark dengan nama Cibinong Science and Technopark (C-STP) dan inkubator teknologi di Lingkungan LIPI dan non LIPI yang menjadikan kawasan seluas 6 hektar ini berwawasan lingkungan dengan area konservasi dan industri yang dikembangkan dari hasil penelitian bekerja sama dengan pihak swasta maupun pemerintah.

C-STP sebagai entitas yang dikelola oleh PPII terus berkembang menjadi sebuah kawasan mandiri berupa penguatan kelembagaan salah satunya melalui kegiatan kerjasama dengan Riset Pro Kemenristekdikti.

C-STP secara aktif turut memberikan kontribusi berupa gagasan, pembinaan dan pemaparan bagi lembaga pemerintah baik pusat maupun daerah serta para star up dan PPBT (Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi).

Diharapkan event ini dapat menjadi media promosi yang efektif karena dihadiri berbagai kalangan dan pelaku bisnis.

Indonesia Science Expo dan Business Matching & Industrial Gathering di buka dan di hadiri oleh oleh Direktur Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penunjang lainnya Kementerian Ristekdikti Ir. Kemal Prihatman, M.Eng, kepala LIPI Dr. L.T Handoko,M.Sc Kepala Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK LIPI Dr. Yan Rianto, M.Eng dan Deputy Director General, Departement of Science and Technology of Guangxi Zhuang Autonomous Region China Mr. Qian Jian, dan para deputi terkait di lingkungan LIPI, para pejabat di lingkungan Kemenristekdikti dan jajaran Riset Pro serta para STP LPNK dan binaan Kemerinstekdikti.(yurike)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Terkini

error: Content is protected !!