Connect with us

Berita Terkini

SP ANTARA Gelar Pesantren Kilat Untuk Gen Z

Sorotjakarta,-
Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan, Serikat Pekerja (SP) Perum LKBN Antara menggelar pesantren kilat untuk para Generasi Z di Aula Town Hall, Wisma Antara B Lt.6 pada Sabtu (30/3).

Pesantren kilat dihadiri oleh Gen Z dari berbagai latar belakang, mulai dari SMA hingga perguruan tinggi. Selain itu juga diikuti oleh pengurus serta anggota serikat pekerja/buruh.

Ketua Panitia Pesatren Kilat Abdul Ghofur mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan wawasan pada generasi muda dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi informasi, khususnya media sosial.

Selain soal media sosial, pesantren kilat tersebut juga diisi dengan pemaparan tentang pentingnya memahami foto jurnalistik agar nantinya tidak tertipu oleh gambar-gambar hoaks.

Menurut Ghofur, perkembangan teknologi informatika seperti media sosial selain membawa dampak positif, juga dapat disalahgunakan untuk hal-hal negatif. Contohnya, media sosial telah digunakan sebagai alat komunikasi mengajak anak-anak muda untuk tawuran.

“Dua bulan lalu, seorang siswa SMA perutnya tembus karena dicelurit oleh siswa SMA lainnya. Setelah ditelusuri, ternyata pelaku ini melakukan penganiayaan karena ajakan di IG untuk berkumpul dan mengajak tawuran meski dia tidak tahu siapa yang mengajak. Inikan hal-hal yang miris, kelau dibiarkan seperti ini, bisa rusak generasi muda,” katanya.

Untuk itulah, menurut dia diperlukan pembekalan tentang pentingnya penanaman nilai-nilai yang baik kepada generasi muda, khususnya dalam bermedia sosial.

Mahasiswa asal Universitas Pamulang peserta pesantren kilat, Muhammad Iqbal, mengapresiasi kegiatan sanlat.

Dalam mengikuti kegiatan itu, ia juga mendapatkan pengetahuan-pengetahuan tentang foto jurnalistik.

Kegiatan pesantren kilat tersebut dikemas secara interaktif. Sejumlah peserta turut berpartisipasi mengajukan sejumlah pertanyaan dalam kesempatan itu.

Sementara itu, pesantren kilat untuk Gen Z tersebut digelar dengan menghadirkan sejumlah narasumber yakni Pewarta Senior dan Mantan Kepala Biro Beijing LKBN Antara M Irfan Ilmi, Ketua Serikat Pekerja Perum LKBN Antara Abdul Ghofur, Pengajar Foto Jurnalistik Perum LKBN Antara Mosista Pambudi dan Kepala Unit Radar, Viral dan JACX LKBN Antara Muhammad Arief Iskandar.

Penyelenggaraan pesantren kilat tersebut didukung oleh LKBN Antara, BPJS Kesehatan, Perum Bulog, Koperasi Karyawan Antara (Kokantara), Pusat Pengembangan Dakwah Islam (PPDI) JICT, Yayasan Kesejahteraan Karyawan Antara (YKKA), Frisian Flag Indonesia, PT Tirta Investama, dan masyarakat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Terkini

error: Content is protected !!