Connect with us

Gaya Hidup

Ini! Makanan Saat Sahur Yang Membuat Perut Merasa Kenyang Lebih Lama

Sorotjakarta,-
Saat bulan Ramadhan ini ada beberapa menu santap sahur yang dianggap mampu menahan rasa kenyang lebih lama dan berenergi.

Menurut dr. Ngabila Salama, Praktisi Kesehatan Masyarakat, menu tersebut antaralain :

1. Sup, Sayuran, serat, daging selain membuat kenyang terasa lebih lama juga dapat menghentikan sel-sel di perut untuk memproduksi hormon yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan pada tubuh. Sup juga mengandung air yang cukup banyak, sehingga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dengan kuah bening, bukan krim.

2. Nasi Merah, Nasi merah memiliki kalori lebih rendah jika dibandingkan nasi putih dan indeks glikemik lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi putih, mi, atau pasta. Indeks glikemik rendah dapat membuat proses penyerapan zat gizi akan lebih lambat pada tubuh dan kenyang terasa lebih lama

3. Kacang-kacangan, Kacang-kacangan mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan juga memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. Contoh: kacang edamame yang dapat membuat kenyang bertahan lama.

4. Telur, Mengkonsumsi telur yang dimasak matang akan menyehatkan dan membuat merasa kenyang lebih lama. Hal ini berkat kandungan protein dan lemak pada telur yang dapat membuat kamu tidak merasa lapar dalam jangka waktu yang cukup lama.

5. Buah Pisang, Buah seperti pisang membuat kenyang lebih lama selama berpuasa karena kaya mineral seperti magnesium dan potasium

Sedangkan menu yang direkomendasikan untuk berbuka puasa:
1. Kurma
Kurma mengandung karbohidrat sederhana yang bisa menjadi sumber energi untuk tubuh setelah berpuasa. Kurma juga mengandung kalori, serat, protein, serta vitamin B6 yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan serat pada buah kurma juga membuat cepat merasa kenyang sehingga tidak akan mengkonsumsi berlebihan

2. Makanan tinggi protein: telur, ikan, ayam, daging mengandunh protein cukup tinggi akan merasa kenyang lebih cepat. Ikan adalah sumber protein dan vitamin B yang bisa membantu untuk mengembalikan energi setelah berpuasa selama satu hari. Daging ayam bagian dada tanpa kulit menjadi makanan sehat

3. Sayuran hijau, Sayuran hijau, seperti kale dan bayam menjadi sayuran yang baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Kandungan protein dan antioksidan di dalamnya membuat lebih bertenaga setelah seharian berpuasa.

4. Buah-buahan, Makanan sehat lainnya yang baik untuk dikonsumsi saat buka puasa adalah buah pisang yang mengandung gula alami hingga serat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Gaya Hidup

error: Content is protected !!