Connect with us

Nasional

Tidak Update Tayangan Baru, TVRI Di Demo Aliansi Pecinta Serambi Islami

Sorotjakarta,-
Tak mendapatkan respon dari Direksi TVRI akhirnya
ratusan massa dari Aliansi Pecinta Serambi Islami mendatangi Gedung TVRI, di Senayan Jakarta pada, Jumat, 12/8/2022

Mereka datang untuk menggelar aksi unjuk rasa, untuk menuntut ditayangkannya kembali program TVRI berjudul ‘Serambi Islami’ yang sudah 6 bulan disebut-sebut tidak lagi update tayangan baru.

Diketahui program Serambi Islami adalah program edukasi Islami yang rutin ditonton oleh Puluhan Majelis Taklim yang tergabung dalam Aliansi tersebut. Namun dalam 6 bulan terakhir, yang ditampilkan pada Serambi Islami hanya tayangan ulang dari program-program sebelumnya. Inilah yang menjadi persoalan bagi Aliansi Pecinta Serambi Islami.

“Sudah cukup lama kita menunggu-nunggu, menanti-menanti kajian Serambi Islami dengan tayangan yang baru. Kami tersebar, khususnya yang ada di Jabodetabek, dari Kerawang, Bekasi, Serpong, Tangerang hadir kesini perwakilan-perwakilan Majelis Taklim sekian lama hampir 6 bulan menunggu-nunggu kajian Serambi Islami bersama (Ustadz) Syekh Muhammad Fathurrahman, tidak ada tayangan baru,” kata Salah satu Orator dalam aksi Aliansi Pecinta Serambi Islami di depan gedung TVRI, Jumat (12/8/2022).

Aliansi sudah berkali-kali berkirim surat elektronik (email) ke Direksi, namun seolah tak digubris. “Kami menyampaikan melalui email ke Direksi TVRI, tapi belum ada jawaban yang memuaskan. Sampai detik ini belum ada tayangan yang baru.” tandasnya.

Sementara itu, Lukman Al Hakim perwakilan Aliansi mengatakan, bukan tanpa alasan, kecintaan masyarakat terhadap tayangan-tayangan kerohanian Islam pagi TVRI itu seperti oase di tengah-tengah tayangan-tayangan televisi yang kering dari nilai-nilai akhlak yang baik.

Oleh karena itu, tayangan Serambi Islami tersebut amat kami apresiasi sebagai bentuk kepedulian negara dan TV milik bangsa itu terhadap nilai-nilai spiritualisme rakyat Indonesia yang cinta damai.

“Namun dalam beberapa bulan terkahir, massa aliansi melihat tayangan-tayangan di acara “Serambi Islami” hanya tayangan ulang yang pernah disiarkan sebelumnya, bahkan hingga berkali-kali diulang.” ungkap Lukman.

“Fakta ini menimbulkan pertanyaan besar, ada apa dengan program tayangan yang jelas-jelas berdampak positif ini sampai tidak ada tayangan baru? Apakah karena tidak ada anggaran? Apakah tidak lagi menganggap penting pembinaan kerohanian masyarakat? Sepatutnya TVRI sebagai media bangsa lebih mendukung program “Revolusi Mental” dari pemerintah, dan Serambi Islami adalah program yang tepat.” tandas Lukman.

Atas keprihatinan ini, Massa aliansi bergerak dari masing-masing daerah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Cikampek, Subang, Purwakarta dan Tasikmalaya. Massa berkumpul di halaman kantor TVRI kemudian melakukan orasi yang dikomandoi oleh penanggung jawab aliansi, Lukman Al Hakim, orasi juga dilakukan oleh DR. H. Abdul Azis Khafia M.Si, DR. Ir. Irfan Budiono MM.

Aksi damai juga menyuarakan beberapa tuntutan kepada Dirut TVRI terkait tayangan-tayangan serambi islami. Aksi merupakan bentuk kepedulian masyarakat terhadap TVRI agar tetap konsisten dalam pemenuhan kebutuhan tuntunan agama atau moral bangsa Indonesia bahkan porsinya harus lebih banyak dari program hiburan semata. Usai aksi, massa membubarkan diri dengan damai dan tertib.

Adapun tuntutan Aliansi Pecinta Serambi Islami:

Atas Berkat Rahmat Allah Yang Maha Esa kami dari APSI dengan ini menyatakan:
1. Meminta bertemu (Audiensi) dengan Direktur Utama TVRI dan Direktur Program dan Berita TVRI.
2. Meminta TVRI menampilkan tayangan-tayangan Serambi Islami dengan tema judul baru demi pencerahan ilmu baru umat, dan tidak menayangkan acara Serambi Islami dengan judul yang sama berulang-ulang.
3. Meminta TVRI agar lebih memperhatikan program Serambi Islami dan tidak memandang sebelah mata.

TVRI Penuhi Tuntutan Aliansi Pecinta Serambi Islami

Pihak TVRI akhirnya memenuhi tuntutan Massa Aksi Aliansi Pecinta Serambi Islami. Direksi dan Manajemen TVRI bertemu dengan 4 perwakilan dari aliansi yang pada intinya, TVRI mengabulkan semua tuntutan Massa Aksi.

“Alhamdulillah kehadiran kita diterima dengan baik. Dan kita sudah menyampaikan apa yang menjadi kegelisahan saudara-saudara dan jamaah semuanya. Yang pada intinya, InsyaAllah kita doakan, paling lama 1 bulan ke depan ada perbaikan, ada kelanjutan dari apa yang kita harapkan bersama.” kata DR. H. Abdul Azis Khafia M.Si saat mengumumkan hasil pertemuan dengan Direksi TVRI.

“Mudah-mudahan semua yang terlibat dalam penyelenggaraan syiar Islam di TVRI, Allah berikan keridhoan, Allah berikan keberkahan, Allah jadikan keluarganya Sakinah Mawadah Warohmah, Allah jadikan anaknya, cucunya soleh dan solehah. Dan kita doakan, siapapun yang menghalang-halangi syiar Islam di TVRI, mudah-mudahan Allah berikan hidayah,” tandasnya. (yr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Nasional