Connect with us

Teknologi

Di Dukung BRIN SMKN 3 Mataram Pamerkan Dokar Listrik Dalam Ajang IEMS 2022

Sorotjakarta,-
Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 yang di inisiasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) secara resmi dibuka oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, di Jakarta Convention Center (JCC) pada Rabu (28/9/2022), didampingi Profesor Riset BRIN dan inisiator IEMS Eniya Listiani Dewi, Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan BRIN ‪Mego Pinandito, Staf Khusus Menteri ESDM Sripeni Inten Cahyani, dan undangan lainnya.‬‬

Menhub mengapresiasi Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dan pabrikan kendaraan bermotor yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. “Saya apresiasi peneiliti dan pabrikan yang secara aktif melakukan kegiatan. Ini artinya kita sudah maju pada tahapan kendaraan Electric Vehicle,” katanya saat memberikan sambutan di Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Pada penyelenggaraan IEMS untuk kali ketiga ini, BRIN juga menampilkan hasil karya SMKN 3 Mataram.

Adapun hasil karya mereka yakni E Formula RI-Smekti, Kursi Roda Elektrik, Dolis (Dokar Listrik), dan Sepeda Listrik.

Kepala Sekolah SMKN 3 Mataram Ruju Rahmat menerangkan dalam pameran ini hanya 2 produk yang di tampilkan, yakni Dolis (Dokar Listrik) dan E Formula.

“Dolis atau dokar listrik adalah pengganti cidomo yakni angkutan yang menggunakan tenaga kuda, sekarang kita pakai Dolis(dokar listrik) yakni kendaran masa depan yang di rancang menggunakan tenaga listrik, hemat BBM dan energi serta anti pencemaran udara.” Terang Ruju Rahmat.

Ia juga menerangkan bahwa Dolis merupakan produk unggulan yang diciptakan pada tahun 2020 oleh siswa bersama guru pembimbing yang handal dan dukungan dari PLN wilayah Mataram.

“Dolis tidak beroperasi di jalan umum tetapi digunakan sebagai transportasi pada kawasan tertentu seperti Gili Trawangan yakni tempat obyek wisata dan hotel-hotel di wilayah Mataram.” Ucap Ruju Rahmad lagi.

Ia berharap kedepan seluruh siswa SMKN 3 Mataram dapat menciptakan lebih banyak lagi inovasi teknologi kendaraan bermotor listrik, baik roda dua, roda empat, charging station, baterai kendaraan listrik, dan industry pendukung lainnya yang akan menjadi representasi pencapaian industri otomotif nasional.(ik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Teknologi