Connect with us

Teknologi

Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 4 di SMPN Satu Atap Cibulan

Sorotjakarta,-
Kampus mengajar merupakan salah satu program milik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang termasuk bagian dari kampus merdeka yang telah berjalan selama 4 batch. Program kampus mengajar memberikan peluang kepada mahasiswa khususnya untuk membantu guru dan kepala sekolah jenjang SD dan SMP selama satu semester lamanya.

Bantuan yang diberikan ialah berupa bantuan dalam segi kegiatan pembelajaran. Mahasiswa dalam program ini membaktikan ilmu, keterampilan serta menginspirasi para siswa SD dan SMP untuk memperluas wawasan dan cita cita mereka. Program kampus mengajar Angkatan 4 ini akan menempatkan mahasiswa di SD dan SMP seluruh Indonesia untuk membantu meningkatkan literasi dan numerasi siswa.

Program Kampus Mengajar bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa mengembangkan kemampuan softskill dan mendampingi guru untuk berkolaborasi merancang strategi, metode dan model pembelajaran di SD dan SMP di daerah yang ditetapkan Kemendikbudristek.

SMPN Satu Atap Cibulan merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang telah berdiri lama di wilayah kecamatan Cidahu, Dusun Wage, Cibulan, kec. Cidahu, Kab. Kuningan, Jawa Barat dengan kode pos 45595. Sedangkan SMPN Satu Atap Cibulan terletak di wilayah yang mudah di akses karena berada dipingir jalan dan berdampingan dengan SDN 1 Cibulan.

Adapun program kerja yang dilaksanakan di SMPN Satu Atap Cibulan adalah mengajar, AKM Kelas, Administrasi perpustakaan, pojok literasi, ngabarbar, rebo nyunda, pelatihan IT dan perayaan Hut RI 17 Agustus. Program ini dilaksanakan untuk membantu kegiatan belajar mengajar di sekolah, memberikan kegiatan pembelajaran yang inovatif, meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, serta mengasah kreatif dan kerjasama siswa di beberapa kegiatan. Kegiatan mengajar dilakukan secara kolaboratif dengan guru agar tidak menganggu rancangan pembelajaran yang telah dibuat.

Kegiatan AKM Kelas merupakan salah satu instrument pembelajaran dari Pusat Assesmen Pendikan (Pusmendik) yang berfungsi untuk membantu guru di kelas dalam mendiagnosa hasil belajar setiap individu siswa. Tujuan dari adanya instrument tersebut adalah untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kompetensi siswa (teaching at the right level). Instrument AKM Kelas berupa aplikasi yang bisa dijalankan di android maupun windows yang memiliki beberapa fitur. Fitur-fitur dalam AKM Kelas adalah mengunduh soal, mengerjakan AKM Kelas, menskor jawaban siswa, dan melihat hasil skoring.

Sedangkan kegiatan ngabarbar merupakan kegitan mengaji bareng bersama para siswa yang dilaksanakan di hari jumat pagi.

Kegiatan rebo nyunda merupakan kegiatan yang dimana dilaksanakan di hari rabu yang menerapkan kepada siswa untuk berbicara/berdialog menggunakan bahasa Sunda yang baik.

Kegiatan pelatihan IT merupakan salah satu program yang akan dilaksanakan untuk siswa kelas 9 yang akan memasuki jenjang SMA yang dimana pasti akan mengenal seperti word ppt dan lainnya, kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Kamis setiap pulang sekolah.

Rencana program dan kegiatan tambahan dalam rangka untuk merayakan HUT RI dilakukan pada bulan Agustus 2022. Kegitan Hut RI diisi dengan beberapa lomba yang dapat diikuti oleh seluruh siswa SMPN Satu Atap Cibulan.

Seluruh program kerja yang dilaksanakan di SMPN Satu Atap Cibulan dibantu oleh Kepala Sekolah, Seluruh Staff Dewan Guru, serta Dosen Pembimbing Lapangan.

Nani, S.Pd selaku Kepsek SMPN Satu Atap Cibulan, menambahkan, “program kegiatan yang telah disusun oleh peserta mahasiswa kampus mengajar yang berasal dari Universitas Kuningan dan STKIP Muhammadiyah Kuningan tersebut sangat baik sekali dan kami pihak sekolah siap berkolaborasi. Ujarnya melalui rilis, Rabu, 3/8/2022.

Ia berharap dengan adanya program kampus mengajar dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, serta memberikan bantuan adaptasi teknologi dan administrasi di sekolah sasaran. (yr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Teknologi