Sejuta (Setia, Jujur dan Tawakal) Keluh Kesah serta Harapan GTK Honorer Usia 35+ Untuk Pak Jokowi

Sejuta (Setia, Jujur dan Tawakal) Keluh Kesah serta Harapan GTK Honorer Usia 35+ Untuk Pak Jokowi

Oleh: Sigid Purwo Nugroho, S.H
Ketua GTKHNK 35+ Provinsi Jabar

Jadi Guru dan Tendik (GTK) Honorer Sekolah Negeri khususnya yang berusia 35 tahun ke atas itu lebih banyak pahitnya daripada manisnya. Kerja dituntut serius tetapi gaji bercanda. Belum lagi dibully oleh siswa ataupun rekan kerja.

Persaingan kerja yang tidak sehat dapat mungkin terjadi. Bayangkan kalau satu sekolah GTK yang ada itu honorer semua dan satu Kepala Sekolah definitif. Gurunya bercabang mengajar di Sekolah lain baik negeri atau swasta. Jumlah siswa sedikit kurang dari seratus karena lokasi sekolah pelosok dan terpencil sehingga honor dari BOS yang dibayar setiap pencairan empat bulan sekali nominalnya tidak seberapa.

Kalau sakit hanya mampu tempel koyo, oles balsem atau beli obat warung dan untuk bekal anak berangkat Sekolah juga dari hasil pinjam uang tetangga atau mertua. Pulang kerja masih harus cari tambahan pula untuk sekedar beli beras, kalau lauk pauk cukup kerupuk dan seadanya atau hutang gali lubang tutup lubang ke warung terdekat. Ada yang kerja sampingan jadi juru parkir, ojeg atau sekedar ternak ayam kampung lima ekor karena tidak punya modal usaha.

Masa depan suram, pesangon dan tunjangan tidak ada apalagi tunjangan pensiun. Sekedar curhat ke medsos malah dimaki kenapa mau jadi GTK Honorer. Curhat ke Menteri hanya dapat sedikit tambahan point dan sedikit afirmasi untuk seleksi ASN PPPK Tahun 2021.

Ratusan ribu GTK Honorer menanti harapan diangkat PNS tapi kadang janji tinggal janji. Dioper ibarat bola ke periode pemerintahan selanjutnya sudah biasa.

Usia semakin menua, mata yang hampir rabun, tulang yang semakin rapuh tidak memupuskan semangat kami berbakti pada tanah air tercinta untuk turut mencerdaskan bangsa. Kami berharap Presiden RI berkenan mendengar keluh kesah kami dan menerbitkan Keppres PNS untuk solusi permasalahan kami.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan