Guru Besar Fakultas Pertanian Unram Temukan Pestisida Nabati Batang Tembakau Virginia Ramah Lingkungan

Guru Besar Fakultas Pertanian Unram Temukan Pestisida Nabati Batang Tembakau Virginia Ramah Lingkungan

Sorotjakarta,-
Mengabdi selama 30 tahun di dunia Pendidikan tepatnya pada Universitas Mataram(Unram) NTB membuatnya terpanggil dan tertantang untuk ikut ambil bagian dalam menyumbangkan pikiran dan hasil karya pada bangsa dan negara khususnya pada daerahnya NTB. Dialah Prof.Ir. M. Sarjan, M. AgCP., Ph. D. (Guru besar Fakultas pertanian Universitas Mataram).

“Hampir 3-5 tahun saya meneliti dan menjadikan topik yang cukup baik yakni memanfaatkan limbah batang tembakau virginia yang berserakan di pulau Lombok menjadi Pertisida Nabati Batang Tembakau yang ramah lingkungan dan dapat mengurangi ketergantungan petani terhadap penggunaan pertisida kimia.” ucap Prof. Sarjan usai menerima penghargaan dari Asosiasi Dosen Indonesia, di Jakarta, Sabt, 8/2/2020.

Lanjut ucapnya,
“Manfaat dari limbah batang tembakau ini adalah sebagai pertisida untuk membunuh hama terutama ulat pada tanaman. Dengan pertisida dari batang tembakau ini di harapkan para petani di pulau lombok dapat menggunakan sebagai pupuk tanaman organik yang dapat meningkatkan nilai ekonomi dan dapat mengurangi sampah batang tembakau.” Harapnya.(yurike)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan