Connect with us

Berita Terkini

Tinta Pemilu Dari Buah Gambir, Ada Di Stand Pakpak Bharat Apkasi Otonomi Expo

Sorotjakarta,-
Kabupaten Pakpak Bharat Provinsi Sumatra Utara, memiliki iklim tropis dengan ketinggian antara 700-1500 m di atas permukaan laut serta memiliki 26 aliran sungai dengan panjang 4 sampi 75 km menjadikan sektor pertanian dan perkebunan mendominasi dengan kontribusinya 55,15% di susul sektor lainnya.

Dalam ajang Apkasi Otonomi Expo 2019 Kabupaten Pakpak Bharat mempromosikan produk unggulannya yaitu tanaman Gambir yang salah satu hasil turunannya dapat menjadi tinta pemilu, demikian ucap Sekda Pakpak Bharat Sahat Banurea, S. Sos, M.Si di Jakarta Convention Center, Rabu, 3/7/2019.

“Salah satu komoditas unggulan di Kab Pakpak Bharat adalah Gambir, tanaman ini hampir tumbuh di seluruh wilayah Pakpak Barat, serta telah menjadi tanaman yang turun temurun hingga sekarang.” Ucap Sekda

Lebih lanjut di katakan Sekda “Semakin berkembangnya tekhnologi tanaman Gambir telah di olah menjadi beberapa produk, antaralain: Ekstrak Gambir berguna untuk bahan baku farmasi, Teh Celup Daun Gambir berguna untuk kesehatan dan Tinta Pemilu kelebihan dari tinta olahan Gambir adalah cepat kering, tidak luntur dan tahan selama 48 jam.”jelas Sekda.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu mengatakan bagi para investor yang akan berinvestasi di Kabupaten Pakpak Bharat akan di layani dengan mudah, cepat dan transparan sesuai dengan visi dan misi yaitu “Terwujutnya Pakpak Bharat Yang Bersatu Dan Sejahtera, Unggul Dalam Kualitas Hidup, Terdepan Dalam Pelayanan Publik Berlandaskan Agama Dan Budaya.” Ucap Drs. Losmar Berutu, MM.(yurike)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Terkini

error: Content is protected !!