Connect with us

Berita Terkini

KLHK Gandeng LPBI PBNU Terkait Pengelolaan Sampah

Sorotjakarta,-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim(LPBI) PBNU menggelar acara Training Of Trainers tentang  Pengelolaan dan Manajemen Bank Sampah Berbasis Lingkungan. Acara berlangsung di Park Hotel Cawang, Jakarta Timur, Rabu, 29/8/2018.

Acara di hadiri oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Rosa Vivien Ratnawati, Direktur Pengelolaan Sampah Novrizal, Sekjen PBNU dan para kader NU yang berasal dari daerah antaralain: Jabodetabek, Daerah Istimewa yogyakarta, Lampung, Bali dan Pontianak. Dengan tujuan menjadikan para kader NU ini menjadi terdepan dalam hal penanggulangan sampah di daerah.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya Beracun KLHK, Rosa Vivien Ratnawati, dalam sambutannya mengatakan, saat ini setiap orang Indonesia pada tahun 2017 menghasilkan 0,7 kilogram  sampah per hari, lalu, total sampah yang dihasilkan Indonesia dalam setahun mencapai 65,8 juta ton.

“Dulu sampah itu dibuang atau dibakar. Tetapi  dengan adanya UU No 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah,  paradigmanya diubah, sampah tidak boleh lagi dibakar, namun harus bisa dimanfaatkan secara maksimal sehingga bisa memberikan manfaat ekonomi,” ucap Vivien.

Harapannya, melalui ToT ini, kader NU diharapkan dapat memjadi guru untuk melakukan perubahan dalam mengatasi persoalan sampah di daerahnya masing-masing.(yurike)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Terkini