Connect with us

Berita Terkini

STKIP Panca Sakti Dan PPPAUD- DIKMAS Jabar Jalin Kerjasama

Sorot jakarta,–
Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Panca Sakti menyambut baik inisiatif
Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PP-PAUD dan DIKMAS) Jawa Barat, baru-baru ini menjalin kemitraan dengan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Panca Sakti dalam rangka bersama-sama melaksanakan pemetaan mutu pendidikan di wilayah Jawa Barat, Bimbingan Teknis Pemetaan mutu pendidikan ini berlangsung baru-baru ini (20/8/2018) bertempat di kampus STKIP Panca Sakti.

Kepala Seksi Informasi dan Kemitraan PP-PAUD dan DIKMAS Jabar, Lizah Nurani, ketika diwawancara mengatakan,
Tujuan kemitraan ini adalah dalam rangka pemetaan mutu satuan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) Jawa Barat sehingga mutu pendidikan anak usia dini nantinya dapat memenuhi 8 kreteria standar pendidikan sebagai mana diatur dalam peraturan pemerintah No. 32 Tahun 2014, tentang mutu satuan pendidikan,” ujar Lizah.

Masih menurut Lizah, bimbingan teknis (Bimtek) dan Kemitraan ini merupakan kelanjutan dari kerja sama kami sebelumnya, pada tahun ini Tahun 2018 ini sebanyak 700 lembaga yang mesti dipetakan, pada tahun kemarin sebanyak 400 lembaga di 2 wilayah yakni DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Tujuan dari bimbingan teknis dan kemitraan ini adalah dalam rangka memenuhi 8 kreteria standar nasional mutu pendidikan anak usia dini maupun pendidikan masyarakat, diharapkan seluruh satuan pendidikan PAUD dan Dikmas memperoleh status ter-akreditasi, sebeb sertifikasi akreditasi ini merupakan pra-syarat untuk memperoleh dana bantuan pihak pemerintah.

Dikatakan Lizah, banyak kalangan lembaga PAUD dan Dikmas menganggap persoalan akreditasi ini terlalu jelimet dan susah didapatkan, nah nanti itu tugas kami bergandengan tangan bersama STKIP Panca Sakti untuk melakukan pembinaan dan penyuluhan sekaligus pemetaan agar paling tidak 50 lembaga PAUD dan Dikmas memiliki standarisasi Nasional sebagaimana harapan pemerintah selama ini.

Ketua Program Study (Prodi) PG-PAUD, STKIP Panca Sakti, Nita Priyanti, pada kesempatan yang sama mengatakan, Program kemitraan ini merupakan amanat Tri Darma Perguruan Tinggi STKIP Panca Sakti yakni yang menyangkut dengan Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Pengajaran,” ujar Nita.

Ia optimis sebanyak 50 lembaga PAUD di wilayah Jabar akan menjadi mitra binaan STKIP Panca Sakti, “Saya optimis sebanyak 50 lembaga tersebut dengan kemampuan SDM yang kami miliki baik para dosen maupun mahasiswa STKIP Panca Sakti akan mampu mengemban tugas dan amanat yang diberikan sesuai dengan Nota kesepahaman atau kemitraan yang sekarang ini dilaksanakan,” tegas Nita optimis.

Senada dengan Nita, Kepala Seksi Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Anharudin juga mengatakan kerja sama ini nantinya pihak lembaga pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat di wilayah Jabar memiliki standarisasi dan akreditasi sesuai dengan harapan pemerintah dan masyarakat,” ujar Anhar.(yurike)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Terkini

error: Content is protected !!