Connect with us

Berita Terkini

Mantan Menteri Lingkungan Hidup Era SBY Balthasar Kambuaya Minta LHK Dipisah

Sorotjakarta,-
Mantan Menteri Lingkungan Hidup era Presiden SBY menghadiri puncak acara Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2024 yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Arboretum Manggala Wanabhakti pada Jumat, 5/7/2024.

Mengenakan baju batik lengan panjang sosok akademisi asal bumi Cendrawasih tersebut tersenyum ramah saat menyapa awak media.

“Acara ini cukup luar biasa, seperti yang kita lihat sama-sama, pak Wapres hadir langsung dan sambutan beliau dalam rangka kita menjaga lingkungan kita Indonesia yang kaya sangat baik sambutan beliau.” Kata Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, M.B.A. pada media.

Mantan Menteri Lingkungan Hidup dan mantan Rektor Universitas Cendrawasih ini, menuturkan saat dimintai komentar terkait perubahan iklim, ia menyebut banyak yang telah dilakukan dalam rangka mencegah perubahan iklim saat ia memimpin Kementerian Lingkungan Hidup yang sekarang digabung menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan salah satu yang dilakukan yakni komitmen untuk menurunkn emisi gas 70-80% dan kebijakan-kebijakan lain yang dikeluarkan dalam rangka menjaga komitmen tersebut.

“Sudah terlalu banyak upaya yang kita lakukan seperti jamannya pak SBY, ada komitmen yang kita buat, kita menurunkan emisi gas dengan upaya kita sendiri 70 hingga 80 persen itu kita konsisten pegang, dan banyak kebijakan yang dibuat oleh Kementerian, Lembaga teruma KLHK dalam rangka menjaga komitmen kita.” Tutur Kambuaya.

Dalam kesempatan ini, saat dimintai komentar tentang masukannya terhadap pemerintahan yang baru. Ia menegaskan agar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dipisah.

“Pemerintah harus mempertimbangkan dengan baik lingkungan hidup. Lingkungan hidup tidak boleh digabung harus dipisah karena tanggung jawab lingkungan itu berat, bagaimana lingkungan bertanggung jawab dengan kualitas air, kualitas udara dan kualitas lungkungan untuk manusia ini berat, sangat berat, kalo kehutanan tugas menjaga hutan. Kalo di gabung pekerjaan ini sangat berat, menurut saya perlu dipertimbangkan untuk mengembalikan itu, karena lingkungan hidup ini dunia, kita bicara dunia Indonesia, kalo kehutanan Indonesia mengatur, tapi lingkungam hidup kita bicara dunia, dan ini harus diperhatikan.” Pungkas Kambuaya.(yr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Terkini

error: Content is protected !!