Connect with us

Daerah

Festival Pacu Jalur Digelar Pada 23 Hingga 27 Agustus Mendatang

Sorotjakarta,-
Kuantan Singingi merupakan salah satu Kabupaten yang relative masih muda di wilayah Provinsi Riau, ia memiliki potensi wisata yang cukup besar, seperti budaya dan keindahan alamnya.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, ada beberapa destinasi wisata, diantaranya:
– Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban.
– Air Terjun Guruh Gemurai.
– Desa Wisata Koto Sentajo.
– Desa Wisata Sungai Kelelawar.
– Festival Pacu Jalur.
– Air Terjun Tangko.
– Arung Jeram Sungai Kelelawar.
– Napagh Kuning dan
– Sepak Rago.

Namun Azhar menyebut yang menjadi pusat perhatian dan menjadi wisata andalan dari Kuantan Singingi adalah festival Pacu Jalur.

“Festival Pacu Jalur ini telah dilaksanakan selama 119 tahun, dan pada tahun 2022 masuk dalam karisma ivent nusantara, lalu kembali pada tahun 2023 masuk ke ivent karisma nusantara yang akan digelar pada tanggal 23 hingga 27 Agustus 2023 mendatang.” Ujar Kadis pada media di Jakarta, Kamis, 8/6/2023.

“Kami berharap pada puncak acara nanti seluruh wisatawan dan masyarakat Indonesia dapat hadir menyaksikan festival pacu jalur yang akan dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan para pejabat tinggi negara.” Harap Azhar.

Diketahui Festival Pacu Jalur adalah perayaan yang meneguhkan semangat olahraga dan kebersamaan masyarakat di Kuantan Singingi Riau.

Dalam festival pacu jalur ratusan perahu tradisional yang indah dan dihiasi dengan warna- warni bersaing dengan semangat dan kecepatan di atas aliran sungai yang deras. Para pemain perahu menggunakan dayung sebagai alat penggerak yang dilakukan oleh 40 hingga 60 orang.

Azhar menyebut target dalam festival pacu jalur tahun 2023 sebanyak 500 ribu pengunjung.

“Harapannya festival pacu jalur dapat dihadiri sesuai target kita, sehingga pariwisata maju ekonomi masyarakat tentu meningkat.” Harap Azhar.

Tak lupa Azhar juga bercerita pada media saat Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka festival pacu jalur pada tahun 2006, saat itu JK mengatakan dirinya 2 kali menyaksikan orang terbanyak didunia, pertama di Mekkah Arab Saudi lalu di festival Pacu Jalur.(yr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Daerah

error: Content is protected !!