Connect with us

News

Kyfano Kahil Muhammad Ezzam Siswi MTsN 1 Mataram Harumkan Nama NTB di Kancah Nasional

Sorotjakarta,-
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama diikuti oleh 446 siswa dari seluruh Madrasah se Indonesia, ajang yang akan memperebutkan piala dan beberapa penghargaan dari Kementerian Agama tersebut diharapkan tidak hanyak sebagai ajang kompetisi tetapi lebih ditekankan pada wadah tempat berkolaborasi antar siswa dalam membangun negeri.

Dalam ajang Kompestisi Sains Madrasah juga digelar acara Expo Madrasah Young Researchers Super Camp (Myres) tingkat nasional tahun 2022.

Untuk ajang Madrasah Young Reseracher Super Camp (Myres) 2022 saat ini telah memasuki babak grand final, sebanyak 36 hasil penelitian para finalis dipamerkan dalam Expo yang meliputi bidang Ilmu Agama dan Keagamaan, bidang Ilmu Sosial dan Humaniora, bidang Matematika, Sains dan Teknologi Terapan.

Yang menarik dari hasil penelitian siswa di Expo Myres tersebut, dan mendapat kunjungan langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yakni stand MTsN 1 Mataram Provinsi NTB.

Siswa yang berhasil membawa NTB ke kancah nasional dalam ajang Myres 2022 tersebut adalah Kyfano Kahil Muhammad Ezzam siswi kelas 8 dengan penelitiannya “Weather Soil Sensor” yakni pemanfaatan data sebagai alat perencanaan dan emergency warning system tanaman pertanian.

“Alat ini untuk membantu mempercepat informasi ke petani yang selama ini hanya mendapatkan infornasi dari BMKG, dengan alat ini dapat mempercepat informasi ke petani mengenai kondisi cuaca, kondisi tanah, kapan hujan, kapan menanam, jadi alat ini yang akan membantu menyampaikan informasi yang cepat dan akurat kepada petani jagung dan tembakau di NTB.” Terang Kyfano di dampingi Muhammad Amin, Kabid Madrasah, Kanwil Kemenag Prov NTB.

Muhammad Amin meyakinkan hasil penelitian Kyfano akan keluar sebagai pemenang, ia juga menegaskan bahwa alat ini yang pertama di Indonesia yang dapat membantu petani untuk mengetahui informasi cuaca dan kapan yang tepat untuk menanam.(yr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News

error: Content is protected !!