Connect with us

Daerah

Kota Prabumulih Peringati World Cleanup Day, Kami 13 Juta Menuju Indonesia Bersih & Bebas Sampah

Sorotjakarta,-
Setiap tahun pada tanggal 17 September , seluruh dunia memperingati hari bersih – bersih serentak yang kita kenal dengan nama World Cleanup Day (WCD). World Cleanup Day (WCD) di Indonesia diperkenalkan pertama kali oleh Lets Do It ! Indonesia pada tahun 2014 dan pada hari Minggu, tanggal 25 September 2022 World Cleanup Day juga diperingati di Kota Prabulih, ujar Iwan Nusmareri – Kabid Pengelolaan Sampah & B3 Dinas Lingkungan Hidup Kota Prabumulih.

Iwan Nurmareri menyampai bahwa peringatan WDC diselenggarakan melibatkan seluruh elemen stake holder kota Prabumulih mulai dari pemerintahan, para pengusaha, sekolah – sekolah dan warga masyarakat lainnya. Kami mengadakan jalan santai sambil memungut sampah bersama masyarakat kota Prabumulih. Jalan Kaki Santai dibagi menjadi tiga tim, tim 1 dipimpin oleh Walikota yanga berangkat dari rumah dinas walikota prabumulih, tim 2 dipimpin oleh Wakil Walikota yang berangkat dari kantor DPRD Prabumulih dan tim 3 oleh sekretaris daerah yang berangkat dari Kantor KIR Dishub, dimana ke 3 tim ini menuju titik yang sama yaitu taman prabu jaya yang menjadi tempat akhir berkumpul dan mengadakan acara lainnya.

Ya, Acara WCD bukan hanya acara bersih – bersih pungut sampah saja tapi merupakan rangkaian beberapa acara yang digabung dengan kegiatan lainnya seperti memperingati hari perhubungan nasional, jalan santai, senam dan lainnya. Sampah yang dipungut oleh masyarakat dikumpulkan dan kemudian diserahkan ke para pelaku bank sampah yang menjadi bagian dari panitia acara untuk dilakukan pemilahan sesuai jenis sampahnya. Setelah itu sampah tersebut diangkut ke PDU Prabumulih, Tambah Iwan Nurmareri.

Romdoni pengelola PDU Prabumulih yang biasa dipanggil Doni yang juga merupakan bagian dari panitia acara WCD Prabumulih menambahkan, acara WCD tahun ini baru kembali dilaksanakan secara terbuka melibatkan banyak warga masyarakat Prabumulih pada tahun 2022, selama 2 tahun di era pandemi tidak dilaksanakan. Sesuai arahan dari dinas lingkungan hidup sampah yang terkumpul dan sudah dipilah langsung dibawa ke PDU Prabumulih untuk dilakukan proses pengolahan daur ulang menjadi produk jadi. Sampah organik langsung diproses menjadi pupuk dan sampah – sampah plastik juga langsung diproses menjadi produk papan yang kemudian proses dilanjutkan menjadi beraneka produk furniture seperti bangku, meja dan lainnya.

Acara bersama ini mengambil tema ” BANGKIT MAJU BERSAMA ” dimana khusus world cleanup day juga mengaungkan temanya sendiri yaitu ” KAMI 13 JUTA MENUJU INDONESIA BERSIH & BEBAS SAMPAH “. Seperti yang telah disampai Iwan Nur materi, doni menegaskan bahwa acara ini merupakan gabungan ada beberapa acara seperti memperingati hari Perhubungan Nasional dan lainnya dan melibatkan seluruh kedinasan lintas OPD.

Alhamdulillah semua rangkaian acara dari awal hingga akhir terlaksana dengan baik dan lancar. Tujuan acara tercapai sebagai ajang ruang silaturahmi antar dinas lintas OPD bersama masyarakat. Khusus sampah di Kota Prabumulih semuanya telah mampu terolah dan dapat didaur ulang menjadi produk daur ulang kreatif yang bernilai ekonomi tinggi yang mampu menjadi salah satu alternatif terbaik penyelesaian permasalahan sampah di Kota Prabumulih. Harapan Semua Kota Prabumulih terus berprestasi khusus terkait kebersihan dan persampahan serta mampu mempertahankan penghargaan tingkat provinsi dan nasional yang telah diraih kota Prabumulih sebagai Kota Terbersih dan Peraih Adipura, Tutup Iwan Nurmateri.(yr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Daerah