Connect with us

Berita Terkini

Pulihkan Semangat Para Atlet PON, Pemprov DKI Siapkan Fasilitas Karantina Di Hotel

Soratjakarta,-
Pemprov DKI Jakarta menyambut kedatangan beserta tim dan pejabat DKI Jakarta dengan mempersiapkan fasilitas di hotel. Fasilitas di hotel ini sekaligus sebagai upaya Pemprov DKI membantu mengembalikan semangat dan stamina para atlet setelah perjuangan panjang di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi DKI Jakarta, Djamhuron P. Wibowo, mengatakan, para atlet dan tim official langsung dijemput ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Mengingat situasi pandemi COVID-19 belum berakhir, sebanyak 199 orang atlet dan tim official hari ini, Kamis (14/10), diantar langsung ke lokasi hotel untuk pembukaan.

Hal tersebut merujuk pada surat Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Adendum Kedua Surat Edaran (SE) Nomor 17 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi COVID-19.

Terkait hal ini, KONI Provinsi DKI Jakarta sudah membuat dua regulasi. Yaitu, Standar Operasional Prosedur (SOP) Karantina dan SE KONI Provinsi DKI Jakarta No.98 Tahun 2021. Kedua regulasi ini antara lain disebutkan bahwa selama di Papua, Kontingen Provinsi DKI Jakarta yang terdiri dari manager, pelatih, asisten pelatih, atlet, mekanik, massure , dan official nonkampus, secara disiplin melakukan swab COVID-19 serta menjaga protokol kesehatan (prokes) selama di Papua.

“Bagi kontingen Jakarta yang belum kembali ke Jakarta diwajibkan untuk melaksanakan saat tiba di Jakarta. Karantina dilakukan selama 5×24 jam demi mencegah penyebaran COVID-19. Selama masa penjagaan, para atlet dan tim official akan diberikan uang kompensasi sebesar Rp 750.000 per hari,” katanya dikutip dari ppid jakarta go.id

Djamhuron menjelaskan, lokasi yang telah disiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta di Hotel Grand Cempaka. Adapun, total Kontingen Provinsi DKI Jakarta yang akan kembali ke Jakarta mulai 13 hingga 17 Oktober 2021 akan membuka 608 orang. Kedatangan Kontingen Provinsi DKI Jakarta tersebut dilakukan secara bertahap.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penyakit Pengendalian (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia menambahkan, Dinkes DKI Jakarta akan melakukan prosedur pemeriksaan kesehatan kepada para atlet dan petugas sesuai ketentuan yang tertera dalam SE Satgas COVID-19. Untuk itu, Dinkes DKI bersama KONI dan SKPD terkait, seperti Dispora dan Dishub membuat SOP Penjemputan Kontingen Provinsi DKI Jakarta ke Hotel.

“Kami juga telah membuat SOP bersama KONI untuk pendataan dan pemeriksaan kesehatan Kontingen Provinsi DKI Jakarta. Dinkes DKI akan melakukan pemeriksaan PCR COVID-19 dan RDT Malaria kepada Kontingen Provinsi DKI Jakarta,” ujarnya.

Dwi memaparkan, Kontingen Provinsi DKI Jakarta yang akan tiba sejak hari ini di Hotel Grand Cempaka. Kemudian, pemeriksaan PCR COVID-19 akan dilakukan pada hari ke-4.

“Hasil PCR COVID-19 akan keluar maksimal 1×24 jam. Jika hasil PCR COVID-19 positif, maka akan diinfokan kepada peserta untuk tata laksana lebih lanjut. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak RSDC Wisma Atlet. Sehingga, peserta yang hasil PCR COVID-19 positif bisa langsung diarahkan ke Wisma Atlet,” jelasnya.

Dwi juga menegaskan, di Hotel Grand Cempaka yang merupakan tempat tersendiri bagi Kontingen Provinsi DKI Jakarta ini, Dinkes DKI Jakarta sudah menyiapkan dokter dan perawat jaga. Selain itu, ada juga petugas piket yang membantu mengawasi kegiatan para atlet selama acara di hotel.

“Selama masa di hotel, tidak boleh ada peserta yang menerima tamu atau meninggalkan hotel. Bersama Dispora DKI Jakarta, kami awasi melalui petugas piket untuk memastikan para atlet tidak keluar dari hotel selama masa pemeriksaan,” tegasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Terkini

error: Content is protected !!