Kuasa Hukum Brigjen Pol Prasetijo Utomo Minta Majelis Hakim Kabulkan Permohonan Justice Collaborator

Kuasa Hukum Brigjen Pol Prasetijo Utomo Minta Majelis Hakim Kabulkan Permohonan Justice Collaborator

Sorotjakarta,-
Kuasa hukum mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen (Pol) Prasetijo Utomo meminta majelis hakim mengabulkan permohonan status justice collaborator (JC) yang diajukan kliennya.

Justice collaborator merupakan saksi pelaku yang bekerja sama dengan aparat penegak hukum.

“Kami tim penasihat hukum terdakwa Brigjen Prasetijo Utomo tetap pada nota pembelaan kami terdahulu dan memohon kepada majelis hakim Yang Terhormat agar menjatuhkan putusan, menerima permohonan terdakwa sebagai justice collaborator,” kata penasihat hukum Prasetijo, Rolas Sitinjak, saat membacakan duplik di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin 1/3/2021.

Rolas Sitinjak menambahkan “pihak JPU tidak dapat membuktikan pelanggaran pidana yang dilakukan kliennya dalam kasus dugaan korupsi terkait penghapusan red notice atas nama Djoko Tjandra, Selain itu, Prasetijo telah mengembalikan uang sebesar 20.000 dollar Amerika Serikat dalam persidangan sebelumnya, Prasetijo mengaku menerima uang 20.000 dollar AS dari Tommy Sumardi yang menjadi perantara suap dari Djoko Tjandra”.

Prasetijo sebelumnya dituntut dengan pidana 2,5 tahun penjara dan denda sebesar Rp100 juta subsider 6 bulan kurungan.

Ia diduga menerima suap untuk menghapus nama Djoko Tjandra dari daftar buronan Interpol. Dalam surat dakwaan, Prasetijo berperan sebagai penghubung antara Tommy yang menjadi orang kepercayaan Djoko Tjandra dengan atasannya, Irjen Napoleon Bonaparte.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan