Peringati Haul Gus Dur Ke-11, Farkhan Akui Kebesaran BMI Karena Teladani Sifatnya

Peringati Haul Gus Dur Ke-11, Farkhan Akui Kebesaran BMI Karena Teladani Sifatnya

Sorotjakarta,-
Haul K.H Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang jatuh di akhir Desember menjadi kenangan tersendiri bagi Ketua Umum DPN Bintang Muda Indonesia (BMI) Farkhan Evendi. Menurutnya, BMI mampu menjadi besar seperti sekarang karena meneladani sifat baik Gus Dur.

Menurut Farkhan, Gus Dur itu merupakan pribadi yang tidak pilih-pilih, sering terjun ke masyarakat, siapapun bisa ikut sama Gus Dur.

“Seperti itu juga BMI, siapa pun akan kita rangkul,” kata Farkhan. Rabu (30/12/2020)

Kepemimpinannya, lanjut Farkhan, mulai pusat sampai daerah bersiglfat egaliter, ditandai dengan terbiasa melakukan aktifitas ‘nyangkruk’ atau berkumpul dan berbicara santai dengan pengamen, peziarah dan berbagai kelompok masyarakat lainnya.

Farkhan juga menjelaskan bahwa sejauh ini BMI dekat dengan Pesantren Desa. Gus Dur pun, kata Farkhan, juga memiliki majelis ulama rakyat yang disingkat Masura untuk merangkul para Kyai kampung.

“BMI juga punya forum silahturrahmi Pesantren Desa, sehingga bisa mendekatkan BMI pada pesantren yang berada di desa-desa diberbagai wilayah,” tutur Farkhan.

Ketiga, sifat yang juga diteladani dari Gus Dur adalah selalu kritis pada Pemerintah. Gus Dur merupakan pribadi yang selalu menyuarakan kepentingan rakyat diatas kepentingannya.

Keempat, tambah Farkhan, BMI juga meneladani Gus Dur sebagai seorang kiyai yang ahli ziarah ke makam leluhur dan raja-raja. Hal ini menurutnya bertujuan untuk menghargai perjuangan keummatan yang pernah dilakukan diberbagai daerah. Hal ini juga menurut Farkhan yang menjadi alasan mengapa BMI disetiap kegiatan diberbagai daeraah selalu menyempatkan diri untuk berziarah ke makam para leluhur.

“Jadi, sejatinya, saya pastikan mereka yang merasa santri Gus Dur pasti nyaman jika berada di BMI. Karena BMI memang tempat yang Insyaallah cocok dengan mereka para pengikut Gus Dur, para pecinta dan pejuang cita-cita Gus Dur,” ujar Farkhan

Dalam rangka memperingati Haul Gus Dur di tahun ini, Farkhan juga menyampaikan harapan semoga apa yang telah diajarkan oleh Gus Dur bisa semakin ‘membumi’ dikalangan masyarakat luas.

“Gus Dur adalah guru kita semua, mari kita berdoa untuk beliau dan semoga kita semua bisa meneruskan perjuangannya,” tuturnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan