Connect with us

Berita Terkini

Sketsa Telanjang Mona Lisa Dibuat Leonardo da Vinci ?

ebuah sketsa yang disimpan selama lebih dari 150 tahun amat mungkin merupakan karya awal lukisan Mona Lisa, sebut sejumlah pakar seni Prancis.

Untuk meneliti sketsa perempuan bugil yang dibuat menggunakan torehan batubara itu, sedikitnya 10 pakar dari Museum Louvre dilibatkan. Mereka menggunakan beragam metode, termasuk teknik pemindaian.

Dari penelitian tersebut, para pakar sepakat bahwa sketsa yang dikenal dengan sebutan “Monna Vanna” itu “setidaknya sebagian” dikerjakan Leonardo da Vinci—pelukis yang menciptakan Mona Lisa dalam kurun setelah 1503.

Lukisan Mona Lisa diyakini dipesan oleh pedagang kain sekaligus petinggi Kota Florence, Italia, Francesco del Giocondo, untuk mengabadikan istrinya, Lisa Gherardini.

Sketsa Monna Vanna sendiri selama ini diperdebatkan apakah itu merupakan karya Da Vinci atau seorang seniman dari studionya.Sejak 1862 sketsa Monna Vanna dikoleksi Museum Conde di Istana Chantilly, sebelah utara Kota Paris.

“Sketsanya berkualitas jika dilihat dari cara wajah dan tangannya digambar, benar-benar luar biasa,” kata kurator seni, Mathieu Deldicque, kepada kantor berita AFP.

“Ini bukan tiruan belaka. Kami mencari sesuatu yang dikerjakan secara paralel dengan Mona Lisa pada penghujung hidup Leonardo. Hampir pasti sketsa itu adalah karya persiapan untuk sebuah lukisan minyak,” tambahnya.

Penilaian Deldicque didasari sejumlah fakta, antara lain tangan dan tubuh sketsa Monna Vanna dan lukisan Mona Lisa nyaris sama, ukuran potret kedua karya hampir sama, serta lubang-lubang kecil di sekitar sketsa diduga sebagai dampak penjiplakan ke kanvas.

Bruno Mottin selaku pakar konservasi di Museum Louvre mengatakan sketsa Monna Vanna “berkualitas sangat tinggi” dan berasal dari akhir abad ke-15–era ketika Leonardo da Vinci masih hidup.

Namun, menurut Mottin, goresan sketsa di bagian atas dekat kepala ditorehkan seseorang bertangan kanan. Padahal, Leonardo diketahui menggambar dengan tangan kiri.”Kami harus tetap hati-hati. Pekerjaan ini akan memakan waktu lama. Sketsa ini sangat sulit dicermati karena sangat rapuh,” ujar Mottin.(dna/bbc)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Terkini